Seleksi CASN 2024, Pemprov Jateng Dapat Kuota 4.446 Formasi

Selasa, 7 Mei 2024 | 15:43 WIB
Ilustrasi seleksi CPNS, CASN. (SHUTTERSTOCK/INDRARF) Ilustrasi seleksi CPNS, CASN.

SEMARANG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendapat kuota calon aparatur sipil negara ( CASN) 2024 sebanyak 4.446 formasi. Dengan rinciannya formasi CPNS sebanyak 265 dan PPPK sebanyak 4.181.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Tengah Rahmah Nur Hayati mengatakan, proses rekrutmen masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dari panselnas.

Baca juga: Menpan-RB: Seleksi CPNS Sekolah Kedinasan Dimulai Mei, CASN Juni

Ia berharap perekrutan ini dapat menyelesaikan persoalan pegawai non ASN di Pemprov Jateng dan menambah kinerja dengan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

"Dengan pembukaan seleksi CASN/CPNS harapannya dapat mempercepat kinerja Pemprov Jateng. Dan dengan adanya (formasi) PPPK dapat sedikit menyelesaikan permasalahan tenaga Non ASN di Pemprov Jateng," ujar Rahmah melalui pesan singkat, Selasa (7/5/2024).

Rahmah menjelaskan, saat ini jumlah pegawai ASN di Pemprov Jateng adalah 48.002 orang. Lalu sebanyak 14.349 orang merupakan tenaga non ASN.

Sehingga kekurangan pegawai menurut peta jabatan sejumlah 34.793 orang, dari kondisi ideal pegawai sebanyak 99.676 orang.

Rahmah menjelaskan, upaya penyelesaian tenaga non ASN sesuai ketentuan UU Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) itu akan menerapkan sistem NIP paruh waktu dan NIP penuh waktu.

"Dari sekitar 14 ribu Non ASN yang terdata, kebijakannya nanti yang lolos PPPK (rekrutmen 2024) akan mendapat NIP penuh, sisanya NIP paruh waktu, pada masanya ada yang pensiun, nanti akan menggantikan sehingga akan maju," jelas Rahmah.

Baca juga: 7 Instansi yang Sudah Membuka Formasi untuk CASN 2024

Rahmah mengimbau, para calon pelamar ASN baik PNS atau PPPK agar terus mengikuti perkembangan informasi terkait rekrutmen CASN 2024, melalui kanal resmi.

Pihaknya menyediakan hotline Whatsapp di Helpdesk CASN +62812-960-0029, dan laman resmi bkd.jatengprov.go.id.

"Kami mengimbau calon pelamar rekrutmen CASN 2024 jangan percaya akan adanya hoax atau oknum yang mengaku bisa meloloskan menjadi pegawai negeri. Hanya ikuti informasi melalui kanal resmi," tandasnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.