Jadwal Tes SKB CPNS Segera Diumumkan, tetapi dengan Catatan...

Jumat, 27 Maret 2020 | 10:29 WIB
Wali Kota Salatiga Yuliyanto memberi semangat kepada peserta tes CPNS (KOMPAS.com/DIAN ADE PERMANA) Wali Kota Salatiga Yuliyanto memberi semangat kepada peserta tes CPNS

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 521 instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah, telah mengumumkan hasil tes SKD (Seleksi Kompetensi Dasar). Bagi yang lolos dengan peringkat teratas tiga kali jumlah formasi dan memenuhi batas passing grade, bisa mengikuti tahapan selanjutnya yakni SKB (Seleksi Kompetensi Bidang).

Lalu, kapan pengumuman tes SKB CPNS 2020 dirilis?

Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN, Paryono, mengungkapkan pengumuman jadwal tes SKB akan segera diumumkan lantaran pelaksanaannya ditargetkan pada April mendatang. Namun dengan catatan, jika situasi sudah kembali kondusif atau pemerintah tak memperpanjang status darurat corona (Covid-19).

"Betul, akhir April (pelaksanaan tes SKB) sudah kondusif," kata Paryono kepada Kompas.com, Jumat (27/3/2020).

Baca juga: Tentang SKB, Tes Paling Menentukan Jadi CPNS

Menurut dia, pengumuman maupun pelaksaan tes SKB CPNS 2020 akan dilakukan dengan terus mempertimbangan perkembangan kondisi. Jika mengacu pada jadwal awal yang dirilis BKN, agenda SKB yang rencananya akan berlangsung mulai tanggal 25 Maret 2020.

"Kita monitor terus situasinya. Kita belum tahu kapan kondusif, jadi tunggu nanti kita sampaikan ke instansi maupun website BKN," terang Paryono.

Jadwal tes SKB ditunda

Sebelumnya, BKN secara resmi menetapkan penundaan pelaksanaan SKB CPNS Tahun Anggaran 2019. Agenda tes SKB 2020 yang rencananya akan berlangsung mulai tanggal 25 Maret akan ditunda sampai dengan kebijakan lebih lanjut oleh Panselnas.

Mengutip keterangan resmi BKN, keputusan penundaan ini dilatarbelakangi oleh situasi wabah virus Covid-19 yang sudah ditetapkan sebagai Bencana Nasional.

Baca juga: BKN: 343 Instansi Pusat dan Daerah Sudah Umumkan Hasil SKD CPNS

Namun untuk pengumuman hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) tetap dilaksanakan sesuai jadwal yang ditetapkan, yakni pada tanggal 22-23 Maret 2020 melalui portal resmi penerimaan CPNS Formasi Tahun 2019 masing-masing Instansi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.