Menpan-RB Setujui 40.839 Formasi CASN Kemensos demi Kuatkan Layanan Sosial Nasional

Jumat, 19 April 2024 | 15:07 WIB
Menpan-RB Abdullah Azwar Anas saat menyerahkan izin prinsip formasi ASN Kemensos kepada Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini di Jakarta, Jumat (19/4/2024). (DOK. Kemenpan-RB) Menpan-RB Abdullah Azwar Anas saat menyerahkan izin prinsip formasi ASN Kemensos kepada Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini di Jakarta, Jumat (19/4/2024).
Penulis A P Sari
|
Editor A P Sari

KOMPAS.com - Sebanyak 40.839 formasi calon aparatur sipil negara ( CASN) di lingkup Kementerian Sosial (Kemensos) telah disetujui oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Kemenpan-RB).

Formasi yang ditetapkan itu diharapkan mampu mendorong peningkatan kualitas serta pemerataan aksesibilitas pelayanan masyarakat di Indonesia.

Adapun rincian formasi itu, yaitu 266 CASN dan 40.573 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja ( PPPK).

Secara rinci, formasi tersebut direncanakan akan diisi oleh 125 calon pegawai negeri sipil ( CPNS) tenaga teknis, 141 CPNS tenaga kesehatan, 40.508 PPPK tenaga teknis, dan 65 PPPK tenaga kesehatan.

Baca juga: Usulan 18.017 Formasi ASN Kemenhub 2024 Disetujui, Menpan-RB: Perkuat Aksesibilitas Layanan Transportasi Nasional

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas berharap, formasi itu dapat mendorong kinerja kompak di Kemensos.

"Lebih dari 40.000 formasi kita berikan untuk Kemensos di CASN pada tahun ini,” ujar Anas lewat siaran persnya, Jumat (19/4/2024).

Hal tersebut disampaikan Anas saat menyerahkan izin prinsip formasi ASN Kemensos kepada Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini di Jakarta, Jumat.

Menurut Anas, rekrutmen ini diharapkan dapat memberi kesempatan besar kepada para honorer atau tenaga non-ASN di lingkungan Kemensos yang selama ini sudah mengabdi kepada negara.

Baca juga: Dampingi Jokowi Temui Tony Blair, Menpan-RB: Transformasi Digital RI Diapresiasi Global

"Momen ini juga diharapkan menjadi pengungkit untuk mendorong kinerja Kemensos agar lebih berdampak, terutama dalam hal pelayanan kepada masyarakat," ucapnya.

Sementara itu, Mensos Tri Rismaharini pun mengapresiasi Kemenpan-RB yang telah membuka kesempatan untuk anak-anak bangsa agar bisa mengabdi di institusi yang dipimpin.

Dengan demikian, sebut dia, rekrutmen itu bisa meningkatkan kinerja Kemensos ke depannya,

Mantan Wali Kota Surabaya tersebut berharap rekrutmen ini dapat meningkatkan kinerja Kementerian Sosial ke depannya. 

“Saya ucapkan terima kasih ke Pak Menteri PAN-RB karena kebutuhan SDM di Kemensos insya Allah bisa terpenuhi, karena kami membutuhkan banyak petugas, terutama di bagian teknis dan juga di bidang kesehatan,” pungkasnya.

Baca juga: Menpan-RB Siapkan Formasi Khusus untuk ASN IKN

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.