Cara Mudah Daftar Akun SSCASN untuk CPNS 2024

Sabtu, 7 September 2024 | 21:20 WIB
Ingin daftar CPNS 2024? Simak langkah mudah membuat akun SSCASN di sini! (KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah) Ingin daftar CPNS 2024? Simak langkah mudah membuat akun SSCASN di sini!

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) resmi diperpanjang hingga Selasa (10/9/2024).

Perpanjangan ini diberikan setelah banyak pelamar mengalami kendala teknis dalam pembelian meterai elektronik (e-meterai), yang merupakan salah satu syarat untuk mendaftar secara online.

Bagi masyarakat yang berminat untuk mendaftar CPNS 2024, mereka diwajibkan untuk membuat akun SSCASN BKN melalui situs resmi sscasn.bkn.go.id.

Baca juga: Diskon Tiket Kereta Api Dosen dan Alumni 15 Universitas, Cek Syaratnya

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat akun SSCASN untuk mendaftar CPNS 2024, dirangkum dari Buku Petunjuk Pendaftaran Calon ASN Tahun 2024.

Cara Membuat Akun SSCASN

1. Klik Tombol BUAT AKUN pada portal sscasn.bkn.go.id atau buka tautan [https://daftar-sscasn.bkn.go.id/akun](https://daftar-sscasn.bkn.go.id/akun) dan akan muncul tampilan "Pengecekan Identitas".

2. Masukkan data sesuai KTP seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga, Nama Lengkap, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Kab/Kota tempat KTP diterbitkan, Nomor HP, dan Email Aktif.

3. Masukan kode CAPTCHA.

4. Setelah data di atas dimasukkan, klik Tombol Lanjutkan.

Namun, pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang masa kerjanya masih di bawah 1 tahun, atau yang sudah bekerja lebih dari 1 tahun tetapi tidak diizinkan mendaftar CPNS, serta CPNS yang masih aktif, atau individu yang diblokir oleh BKN karena berbagai alasan, akan menerima notifikasi "Galat".

5. Lengkapi data diri. Kolom NIK, Nama, Nomor Handphone, dan Tanggal Lahir sesuai KTP akan terisi otomatis.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.