Peserta Seleksi CPNS Semarang Sepatunya Terpaksa Dilakban karena Tak Berwarna Hitam

Kamis, 24 Oktober 2024 | 20:44 WIB
Sejumlah peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2024 di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Tengah sepatunya dilakban warna hitam. Kamis (24/10/2024). (KOMPAS.COM/Dok. Kemenkumham Jawa Tengah) Sejumlah peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2024 di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Tengah sepatunya dilakban warna hitam. Kamis (24/10/2024).

 

SEMARANG, KOMPAS.com - Sejumlah peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2024 di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia ( Kemenkumham) Jawa Tengah ketahuan menggunakan lakban hitam untuk menutupi sepatu yang tidak sesuai ketentuan.

Hal ini terjadi karena mereka tidak membawa sepatu berwarna hitam, yang merupakan salah satu syarat untuk mengikuti seleksi.

Kasubag Humas, Reformasi Birokrasi, dan Teknologi Informasi Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Hazmi Saefi, mengungkapkan bahwa ada sekitar delapan peserta yang sepatunya dilakban.

"Kurang lebih ada 8 peserta yang sepatunya dilakban," kata Hazmi, saat ditemui di lokasi seleksi, pada Kamis (24/10/2024).

Baca juga: Peserta CPNS Semarang Tetap Ikut Seleksi meski Alami Kecelakaan

Hazmi menambahkan bahwa panitia berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik agar peserta dapat mengikuti seleksi dengan tenang.

"Selain lakban, juga disediakan payung karena kemarin hujan. Jadi banyak panitia yang turun untuk membantu memayungi peserta," ucapnya.

Seperti tahun lalu, peserta yang tidak mengenakan sepatu sesuai ketentuan akan ditutupi dengan lakban warna hitam.

"Namun, kami juga sudah mengingatkan melalui media sosial agar peserta mengikuti aturan yang ditentukan," tambahnya.

Panitia Kemenkumham Jawa Tengah juga menyediakan fasilitas bagi peserta disabilitas, seperti kursi roda.

Baca juga: Terbukti Langgar Netralitas, Kades Bantal Kabupaten Semarang Disanksi dan Motor Dinas Dikandangkan

"Karena memang tidak sedikit peserta yang difabel, ibu hamil juga banyak yang mengikuti," kata Hazmi.

Untuk diketahui, SKD CPNS 2024 ini melibatkan tiga komponen utama, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Pelaksanaan SKD akan berlangsung selama 12 hari ke depan, dengan total 23.428 peserta yang akan mengikuti ujian.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.